Jurnal - >

Pengembangan Media Peta Puzzle Berbasis Adobe Flash Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar


Penulis: Ciputra, Agustianamas, Riyanto, Yatim, Suhanadji


Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat kelayakan dan perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media peta puzzle berbasis adobe flash dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV di SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Education Research and Development (RnD) dan uji coba hasil belajar menggunakan pre-test dan post-test. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian berjumlah 20 siswa. Hasil validasi terhadap media pembelajaran memiliki kevalidan dan kelayakan yang cukup tinggi dengan memperoleh prosentase kevalidan 86%, hasil penilaian dari ahli isi materi memperoleh prosentase kevalidan seluruhnya 85%, hasil penilaian dari guru kelas IV atau ahli isi materi memperoleh prosentase kevalidan 90% dan hasil tanggapan atau respon pesera didik dilapangan memperoleh prosentase kevalidan seluruhnya 89%. Sedangkan tes hasil belajar peserta didik pretest yang mendapatkan nilai rata- rata 59 sedangkan posttest mendapatkan nilai rata- rata 89. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media peta puzzle berbasis adobe flash dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV.


Jurnal: AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman Vol 7 No 2 (2021): Januari 2021
Published: STIT ISLAMIYAH KARYA PEMBANGUNAN PARON NGAWI
murabbi http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/murabbi ISSN : 2406775X, EISSN : 25407619, DOI : -,
Mail Official: jurnal.almurabbi@gmail.com
Contact Name: Moh. Toriqul Chaer
Contact Mail: toriqul210874@gmail.com
Editorial Address : Jalan Raya 30 Paron Ngawi 63253 Telp. (0351) 748378
Phone: +6281233999046
Location: Kab. ngawi, Jawa timur INDONESIA

Core Subject: Religion, Education,
Meta Subject: Religion, Education,
Meta Description: AL-MURABBI : Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, ISSN : 2540-7619 (online) , ISSN : 2406-775X (printed) adalah peer-review jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron, Ngawi, Jawa Timur. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada bulan Januari dan Juli AL-MURABBI : Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman memperhatikan dengan penerbitan asli (Kepustakaan atau lapangan) artikel penelitian yang berhubungan dengan keragaman intelektual, metodologis dan keragaman subtansi pemikiran dalam pendidikan, dan mendorong adanya intensitas dialog antara pendidikan sarjana dan praktisi pendidikan.


Download Jurnal (1):



Kembali kehalaman sebelumnya